HASIL SURVEI KOPERASI

Koperasi yang memulai kegiatan pertamanya  di Mampang Depok kemudian pindah ke Jl.Akses UI Gg.H.Muchtar No.45 rt.06/09 kelurahan tugu kecamatan cimanggis kota depok ini berdiri pada tanggal 16 maret 2005 sekaligus tanggal penyerahaan akte koperasi konsumen. Kopersi ini beranggotakan 2 orang yang berasal dari perkumpulan pertemanan dengan ketua Isa Bagus K.Udiana yaang juga merupakan penanggungjawab operasional, sekretaris Sulaiman Yunus dan bendahara Niluh Wiartini. Jenis koperasi ini adalah koperasi simpan pinjam dengan modal koperasi yang berasal dari iuran anggota dan dari simpanan wajib yang dibayarkan pertahun.

Sama halnya dengan koperasi-koperasi lainnya, kopersi ini juga memiliki berbagai masalah yang salah satunya adalah masalah pendanaan yangkadang tersendat. Namun koperasi ini tidak pernah putus asa dalam mengatasi masalah ini karena koperasi ini memiliki visai dan misi menyejahterakan anggota dan masyarakat  sekitarnya maka jika koperasi sedang mengalami kekurangan dana, koperasi ini melakukan penutupan kegiatan koperasi sementara untuk menghimpun dana kembali dan melakukan pinjaman dana dari bank guna menyelasaikan masalah koperasi untuk melanjutkan kegiatan kopersi  dan mewujudkan visi dan misi koperasi.

Untuk dapat bergabung dengan koperasi ini, calon anggota koperasi diharuskan membayar Rp.5000.000 sebagai simpanan pokok, setelah terdaftar sebagai anggota koperasi, anggota diwajibkan membayar Rp.50.000/bulan sebagai simpanan wajib dan mengikuti rapat anggota yang diadakan setiap 1 tahun sekali. Anggota koperasi juga memiliki kesempatan untuk meminjam uang minimal sebesar Rp.1.000.000 dan maksimal sebesar Rp.25.000.000. untuk dapat meminjam uang, anggota diwajibkan untuk memenuhi persyaratan berupa menyerahkan fotokopi kartu keluarga, KTP dan alamat tempat tinggal tetap dan membayar bunga 13%/1 bulan, 14%/3 bulan, 15%/6 bulan, 16%/ 12 bulan untuk simpanan berjangka dan 8% untuk simpanan harian. Dengan kesempatan ini anggota diharapkan dapat mempergunakan dana tersebut dengan baik seperti digunakan untuk modal usaha sehingga anggota koperasi dapat merasa terbantu dengan koperasi ini dan dapat hidup sejahtera sesuai dengan visi dan misi koperasi.

By andrianhermawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s