DINAS KOPERASI GELAR KARYA UMKM KREATIF 2012

 

 

Bertempat di Aula Lantai 1 kantor Balaikota Depok, Dinas Koperasi, UKM, dan Pasar (DKUP) Kota Depok menggelar Karya UMKM Kreatif 2012. Sebagai penopang perekonomian yang dinilai paling kuat dari terpaan krisis, dukungan untuk menumbuhkan UKM diperlukan untuk membuat para penggiatnya menjadi kreatif, mandiri, tangguh, dan tidak mudah gulung tikar. Dengan adanya pembinaan dan dukungan pemerintah baik berupa tambahan modal, akses usaha, seminar, pelatihan, dan lomba, telah berhasil menumbuhkan UKM baru di Kota Depok. Di tahun 2012 ini misalnya, UKM di Kota Depok telah mengalami peningkatan baik kuantitas maupun kualitas produknya. Saat ini kota Depok telah memiliki 9861 usaha mikro, 4554 usaha kecil, dan 632 usaha menengah. Kalangan UKM selalu berusaha meningkatkan  kreatifitas guna mempertinggi kualitas produknya, “Mereka telah berhasil membuat sampah menjadi emas” tutur Herman Hidayat.

Pendapat tersebut memang sangat tepat mengingat para pegiat UKM ini memiliki kreatifitas yang tinggi. Mereka telah mampu membuat karya-karya yang awalnya tidak mempunyai nilai guna menjadi lebih berharga. Seperti daur ulang sampah menjadi dompet cantik, daur ulang kain menjadi tas, membuat kue kering, konveksi, pemanfaatan hasil pertanian menjadi keripik singkong dengan berbagai rasa, pemanfaatan daun petai dan pisang yang sudah kering menjadi tempat tisu atau kipas, dan sebagainya. Industri kreatif yang padat karya ini tidak hanya mendapatkan apresiasi dari masyarakat sekitar melainkan telah merambah hingga ke pasar mancanegara.

Melihat pentingnya peranan UKM dalam membantu perekonomian masyarakat kecil dan menengah, maka sangat penting untuk terus membentuk UKM-UKM dan wirausahawan baru supaya lebih banyak menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Oleh karena itu, Lomba UKM kreatif yang diselenggarakan ini diharapkan bisa melahirkan wirausahawan-wirausahawan baru setiap tahunnya sebanyak 600 usaha dan mengubah dari usaha yang kecil menjadi usaha menegah.

Di penghujung acara diumumkan 6 besar dari lomba UKM kreatif tahun 2012 yaitu dari Kecamatan Sawangan, Kecamatan Sukmajaya, Kecamatan Limo, Kecamatan Cinere, Kecamatan Bojongsari, Kecamatan Pancoranmas. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan adanya kunjungan esok hari tanggal 05 Juli 2012 di masing – masing tempat para wirausaha. Kecuali kecamatan Sukmajaya dan Pancoran mas yang akan ditinjau pada hari senin tanggal 10 Juli 2012 oleh tim juri(RN/IST/DN).

 

Pendapat saya:

Kegiatan yang dilakukan oleh dinas koperasi untuk menumbuhkan UKM di kota Depok sangat diperlukan karena dapat  membuat para penggiatnya menjadi kreatif, mandiri, tangguh, dan tidak mudah gulung tikar. Dengan adanya pembinaan dan dukungan pemerintah baik berupa tambahan modal, akses usaha, seminar, pelatihan, dan lomba, telah berhasil menumbuhkan UKM baru di Kota Depok

Sumber : http://dekopin.coop/berita/detail/136

By andrianhermawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s