KOPERASI HARUS CIPTAKAN PASAR SENDIRI

 

 

YOGYAKARTA, Dekopin – Undang-undang Perkoperasian di Indonesia belum mampu sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, khususnya menyoroti Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Koperasi.

 

Diharapkan penyusunan program koperasi Indonesia di tahun mendatang membutuhkan komitmen guna menciptakan pasar koperasi tersendiri, hal inilah yang menjadi ‘bargaining position’ koperasi di tahun 2014 mendatang. Demikian disampaikan Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Agus Muharam dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Dekopin Tahun 2013 Penyusunan Program Kerja Tahun Anggaran 2014 di Hotel Melia Purosani Yogyakarta, Minggu (27/10/2013). Rakernas ini dihadiri setidaknya 70 peserta perwakilan dari masing-masing daerah di tanah air.

 

“Kita tidak bisa mencegah perkembangan teknologi, maka ‘bargaining position’ koperasi harus dihidupkan guna mencegah perekonomian kapitalis. Kita harus perdayakan UKM yang tergabung dalam koperasi,” tutur Agus.

Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid mengatakan koperasi harus kembali menjadi pelopor guna mengembangkan budaya ketimuran. Rakernas akhir tahun ini guna melakukan konsolidasi yang tertib dilakukan. Tahun 2014 adalah tahun yang menantang dan menggairahkan dimana koperasi akan berperan dalam ‘bargaining position’. “Rakernas ini sangat strategis untuk berpikir cerdas menata masa depan yang lebih visioner dalam mencapai kemakmuran dan kesejahteraan,” tandas Nurdin.

 

Pendapat saya:

Penyusunan program koperasi indonesia harus segera dilaksanakan karna dengan terlaksananya program tersebut dapat menciptakan pasar koperasi tersendiri dan pemberdayaan UKM yang tergabung dalam koperasi harus segera dihidupkan dapat mencegah perekonomian kapitalis

 

Sumber : http://dekopin.coop/berita/detail/139

By andrianhermawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s