PEMBUBARAN 345 KOPERASI, UPAYA MEWUJUDKAN SISTEM PERKOPERASIAN DEPOK YANG SEHAT, EFISIEN, TANGGUH DAN MANDIRI

 

 

Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar Kota Depok, membubarkan 345 Koperasi melalui Surat Keputusan Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Nomor 518/1008/KPTS/XII/DKUP-2012 Tanggal 28 Desember 2012 Tentang Pembubaran Koperasi di Kota Depok Tahun 2012.

Sesuai ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 1994 Tentang Pembubaran Koperasi oleh Pemerintah, Pemerintah diberikan kewenangan untuk membubarkan koperasi apabila berdasarkan alasan-alasan tertentu kegiatannya dirasakan dapat menghambat dan membahayakan sistem perkoperasian yang sehat, efisien, tangguh dan mandiri. Salah satu alasan dimaksud adalah  tidak melakukan kegiatan usahanya secara nyata selama 2 (dua) tahun berturut-turut terhitung sejak tanggal pengesahan Akta Pendirian Koperasi.

Pada tahun 2011, Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar Kota Depok melakukan verifikasi data koperasi se-Kota Depok sampai ke tingkat RT RW. Dari hasil verifikasi diperoleh hasil sebanyak 35 Koperasi telah membubarkan diri dan sebanyak 321 Koperasi terbukti tidak melakukan kegiatan usaha dan/atau tidak memiliki alamat yang jelas sesuai keterangan dari RW setempat.

Rencana pembubaran 321 Koperasi diumumkan di Papan Pengumuman resmi pada Kantor Kecamatan dan Kelurahan serta di Media Massa pada Harian Umum Monitor Depok dari Bulan Juli sampai dengan Desember 2012. Selama masa sanggah, terdapat 11 Koperasi yang mengajukan keberatan, sehingga proses pembubarannya ditangguhkan. Dengan tidak adanya sanggahan lain, maka sebagaimana Berita Acara Pembubaran Koperasi yang ditandatangani oleh Anggota Kelompok Kerja Pembinaan Koperasi Kota Depok Tahun 2012 dikeluarkanlah Surat Keputusan Pembubaran Koperasi.

Dengan pembubaran tersebut, jumlah Koperasi Kota Depok per 31 Desember 2012 adalah sebanyak 610 Koperasi dengan status 336 Koperasi aktif dan 274 Koperasi Tidak Aktif. Untuk mendukung peran Koperasi dalam menumbuhkan dan mengembangkan potensi ekonomi rakyat, Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar Kota Depok berupaya menciptakan iklim dan kondisi yang mendorong pertumbuhan dan pemasyarakatan koperasi melalui kegiatan penyuluhan, pemberian bimbingan, kemudahan dan perlindungan. Pembinaan dimaksud antara lain pada bidang sumber daya manusia, kelembagaan, dan permodalan.

Dengan upaya tersebut, diharapkan target tingkat keaktifan koperasi 70% pada tahun 2013 sesuai dengan RPJMD Kota Depok dapat diraih, sehingga terwujud sistem perkoperasian yang sehat, efisien, tangguh dan mandiri. (UV/MM)

 

Pendapat saya:

Pembubaran sejumlah koperasi tersebut cukup tepat karena selama 2 tahun berturut-turut sejumlah koperasi tersebut tidak melakukan kegiatan usahanya secara nyata dan hanya akan menghambat dan membahayakan sistem perkoperasian yang sehat, efisien, tangguh dan mandiri.

 

Sumber : http://dekopin.coop/berita/detail/131

By andrianhermawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s