KARANGAN TENTANG LIBURAN

Liburan Menikmati Keindahan Alam Kawah Putih

Liburan adalah kegiatan yang paling menyenangkan dan banyak ditunggu oleh setiap orang. Banyak hal yang bisa dilakukan dari liburan mulai yang sederhana sampai liburan yang memakan biaya tinggi. Tetapi hal itu bukan masalah sepanjang kita memfokuskan pada aspek positif liburan terutama untuk kesehatan. Salah satu aspek positif dari liburan adalah menghilangkan stres. secara psikologis, stres bisa diatasi dengan aktivitas fisik seperti olahraga, kegiatan hobi, dan liburan. Saat liburan, fisik akan banyak bergerak. Aktivitas fisik ini mampu menstimulasi otak bagian pengalaman. Bayangkan gelas yang penuh dengan air dan butuh dikosongkan. Itulah fungsi liburan. Mengosongkan bagian otak yang penuh karena tekanan hidup sehari-hari. Tubuh butuh pengalaman termasuk pengalaman berinteraksi dan berkomunikasi dengan diri sendiri. Untuk itu liburan juga bermanfaat sebagai ajang berkreasi bagi otak. Liburan memang tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi sehari-hari tapi dengan liburan, tubuh dan otak kita jadi mampu melihat masalah dari luar dan berbagai sisi.

Peneliti telah menunjukkan liburan ternyata sangat dianjurkan oleh para dokter karena memiliki pengaruh terhadap peningkatan kesehatan. Diantaranya adalah membuat hidup lebih lama, suatu penelitian yang dilakukan terhadap 749 wanita yang berumur 45-64 tahun di Amerika menunjukkan baik ibu rumah tangga maupun wanita kerja yang mengambil liburan memiliki peningkatan signifikan dalam penurunan serangan jantung. Ibu rumah tangga yang mengambil liburan sekali dalam enam tahun atau kurang memiliki hampir dua kali resiko timbulnya serangan jantung dibanding yang berlibur dua atau lebih per tahun. Menjaga sel otak, menurut penelitian terhadap 112 wanita yang berumur 65-92 dan menemukan ada suatu hubungan antara rutinitas hidup yang banyak dengan menurunnya fungsi intelektual. Meskipun ada hubungan positif antara liburan dengan fungsi intelektual. Meningkatkan kepuasan, peneliti yang mensurvey 128 pegawai sebelum dan sesudah liburan. Mereka menemukan ada suatu peningkatan dalam kepuasan hidup setelah liburan. Menurunkan ketegangan, stress eksternal dan kegiatan kehidupan baik di tempat kerja atau rumah dapat membuat seseorang merasa gembira atau stress. Gejala-gejalanya termasuk perasaan lelah, tidak memiliki dorongan, tidak tertarik melakukan sesuatu, tidak antusias dan bahkan perasaan takut. Perasaan tertekan dalam 76 pegawai juga menurun signifikan selama liburan. Memperbaiki kehidupan keluarga, menurut penelitian, dari 390 pegawai pabrik baja yang melakukan liburan selama 13 minggu. Ia menemukan liburan ternyata dapat memberikan keuntungan bagi kehidupan keluarga. Para pekerja dilaporkan lebih tertarik dan berbagi kegiatan dengan pasangan dan anak-anak.

Mengetahui pentingnya liburan, saya sekeluarga terbiasa melakukan liburan di hari hari liburan. Banyak tempat liburan yang telah kami kunjungi dan dari setiap tempat liburan memiliki keunikan dan kesan tersendiri. Salah satu tempat liburan yang pernah kami kunjungi yang sangat menarik adalah objek wisata kawah putih di Bandung. Liburan ini kami lakukan di hari libur awal tahun baru. Perjalanan kami dimulai dari tempat tinggal kami di Depok pukul 5 pagi, kami memilih memulai perjalanan pukul 5 pagi dengan tujuan agar perjalanan kami lancar dan terhindar dari kemacetan yang biasanya akan sangat parah di hari libur besar seperti ini. Dari Depok kami menuju tol jagorawi dari tol jagorawi kemudian ke arah tol cipularang menuju pintu keluar tol kopo lalu menuju soreang ke arah selatan kota Ciwidey. Perjalanan kami dari pintu keluar tol kopo cukup lancar karena saat itu masih sekitar pukul 06.30. kami membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pintu keluar tol kopo hingga tiba di gerbang masuk objek wisata kawah putih.

kawah_putih

Setibanya kami di objek wisata kawah putih pukul 07.00 pagi, kami langsung keluar dari mobil untuk meregangkan tubuh karena telah lelah duduk di mobil selama 2 jam perjalanan. Setelah merenggangkan tubuh, kami mengeluarkan makanan yang kami bawa untuk mengisi perut kami yang kelaparan. Selesai mengisi perut, kami menuju loket untuk membeli tiket masuk. Disana terterah beberapa harga tiket seperti harga tiket masuk untuk mobil sampai di atas kawasan kawah putih pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 150000 harga tiket untuk motor sebesar Rp 35.000 dan harga tiket untuk setiap orang sebesar Rp 15.000. Karena harga tiket untuk mobil pribadi cukup mahal maka kami memutuskan untuk meninggalkan mobil kami di parkiran dan melakukan perjalanan untuk menanjak ke kawasan kawah putih menggunakan mobil wisata yang telah disiapkan oleh pihak tempat wisata. Setelah menanjak sejauh 5,6 km atau 10 menit perjalanan, kami pun tiba di kawasan kawah putih.

Setibanya di kawasan kawah putih kami sangat takjub akan keindahan kawah putih. Kawah putih menunjukkan betapa hebatnya sang pencipta dalam menciptakan alam semesta. kawah putih adalah sebuah danau kawah dari gunung patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8 sampai 22 derajat celcius. Di puncak gunung patuha itulah terdapat kawah saat atau berarti surut yang berada di bagian barat dan di bawahnya kawah putih dengan ketinggian 2194 meter di atas permukaan laut. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada sekitar abad ke X dan XII silam. Danau kawah putih memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, air di danau kawahnya dapat berubah warna dan kadangkala berwarna hijau apel kebiru biruan bila terik matahari dan cuaca terang terkadang pula berwarna coklat susu. Paling sering terlihat airnya berwarna putih di sertai kabut tebal di atas permukaan kawah. Selain permukaan kawah yang berwarna putih pasir, bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih oleh karena itu kawah tersebut dinamakan kawah putih. Di sekitar kawasan kawah putih terdapat beberapa makam luhur dan sebuah goa tua yang pada zaman dahulu oleh pemerintah belanda di jadikan sebagai pabrik belerang. Ada beberapa orang yang memanfaatkan kawasan wisata ini dengan menjual masker dan pasir kawah putih yang mengandung belerang. Masker dibutuhkan para pengunjung karena di kawasan kawah berbau belerang yang sangat menyengat sedangkan pasir kawah putih di jadikan cinderamata sekaligus sebagai obat untuk beberapa penyakit kulit.

Di tengah tengah kegiatan liburan kami, saya mencoba mewawancarai seorang pengunjung yang datang bersama keluarga untuk mengetahui pendapat dan tanggapannya tentang objek wisata kawah putih ini. Sang pengunjung mengatakan bahwa  “kawah putih ini memang sangat indah dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana untuk menghilangkan stres, hanya saja yang disayangkan adalah kami tidak bisa berlama-lama di kawah putih ini”. Memang ada peraturan yang mengharuskan para pengunjung untuk tidak berlama lama atau tidak berada di kawasan kawah putih ini lebih dari 1 jam karena suhu udara disini sangat dingin dan udaranya berbau belerang yang sangat menyengat.

Setelah puas menikmati pemandangan alam di kawasan kawah putih ini dan juga karena kami sudah cukup lama berada di sana, kami pun memutuskan untuk menyelesaikan liburan di kawasan kawah putih ini dan meneruskan liburan kami objek wisata lainnya.