RESENSI FILM “MISSION IMPOSSIBLE GHOST PROTOCOL

h

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sutradara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Brad Bird

Produser  

Tom Cruise
J. J. Abrams
Bryan Burk

Penulis  

André Nemec
Josh Appelbaum

Pemeran  

Tom Cruise
Jeremy Renner
Simon Pegg
Paula Patton

Musik  

Michael Giacchino
Lalo Schifrin

Sinematografi Robert Elswit
Penyunting  

Paul Hirsch

Studio  

Paramount Pictures
Skydance Productions
Bad Robot Productions
TC Productions

 

Distributor

 

Paramount Pictures

Tanggal rilis  

Durasi 138 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $145 juta USD
Pendapatan $693,054,071

Peran

  • Tom Cruise sebagai Ethan Hunt, Pemimpin tim
  • Paula Patton sebagai Jane Carter, Anggota tim Hunt
  • Simon Pegg sebagai Benji Dunn, agen teknisi IMF dan bagian dari tim Hunt
  • Jeremy Renner sebagai William Brandt, kepala analisis Menteri IMF and bagian dari anggota IMF
  • Michael Nyqvist sebagai Kurt Hendricks, kelahiran Swedia , pemimpin strategi Rusia
  • Vladimir Mashkov sebagai Anatoly Sidorov, Operasi inteligen Rusia, mengikuti Hunt dan timnya.
  • Samuli Edelmann sebagai Wistrom, tangan kanan Hendrick
  • Ivan Shvedoff sebagai Leonid Lisenker, seorang ahli kode nuklir yang dipaksa untuk bekerja dengan Hendrick
  • Anil Kapoor sebagai Brij Nath, pengusaha kaya di India
  • Léa Seydoux sebagai Sabine Moreau, Pembunuh yang didatangkan dari Perancis
  • Josh Holloway sebagai Trevor Hanaway, agen IMF
  • Pavel Kriz sebagai Marek Stefanski
  • Miraj Grbic sebagai Bogdan, tahanan Russia yang dibebaskan oleh Hunt
  • Tom Wilkinson sebagai Menteri IMF
  • Ving Rhames sebagai Luther Stickell, rekan Hunt
  • Michelle Monaghan sebagai Julia Mead, Istri Hunt
  • Mike Dopud sebagai penjaga lorong di Kremlin
  • Ivo Novák sebagai agen Rusia
  • April Stewart sebagai Penerjemah dari Swedia
  • Nicola Anderson sebagai teman Julia

 

 

Mission: Impossible – Ghost Protocol adalah film mata-mata Amerika Serikat tahun 2011, dan sekuel keempat dari seri Mission: Impossible. Bintang Tom Cruise, yang perannya sebagai agen IMF. Agen Ethan Hunt, dan direkturnya adalah Brad Bird dengan film action pertamanya. Ghost Protocol ditulis oleh André Nemec dan Josh Appelbaum, dan diproduksi oleh Tom Cruise, J. J. Abrams (sutradara Mission: Impossible III) dan Bryan Burk. Ini adalah film pertama Mission Impossible yang sebagiannya difilmkan menggunakan kamera IMAX. Film ini dirilis di Amerika Utara pada tanggal 16 Desember 2011, untuk tinjauan positif dan keberhasilan box office.

 

Plot

Pada tugas di Budapest untuk mencegat seorang kurir yang bekerja untuk orang yang memerlukan kode-bernama “Cobalt”, agen IMF, Trevor Hanaway dibunuh oleh pembunuh Sabine Moreau. Agen Jane Carter dan agen Benji Dunn membebaskan Ethan Hunt dan Bodgan dari penjara Rusia. Hunt direkrut untuk memimpin Carter dan Dunn untuk menyusup ke Kremlin dan menemukan file-file yang mengidentifikasi Cobalt. Selama misi, seseorang di siaran frekuensi IMF, memberitahu petugas di Rusia mengenai tim Hunt. Meskipun Carter dan Dunn melarikan diri, bom menghancurkan Kremlin, dan agen Rusia ,Sidorov menangkap Hunt dan mencurigai dia sebagai bagian dari serangan itu.

IMF membebaskan Hunt dari Moskow. Rusia menyerukan bahwa serangan itu suatu tindakan perang yang tidak dideklarasikan, dan presiden AS mengaktifkan “Ghost Protocol”, sebuah operasi hitam yang membantah seluruh IMF. Hunt dan timnya disalahkan atas serangan itu, tetapi mereka akan diizinkan untuk pergi dari tahanan pemerintah sehingga mereka dapat melacak Cobalt. Sebelum Hunt dapat melarikan diri, menteri IMF dibunuh oleh pasukan keamanan Rusia yang dipimpin oleh Sidorov, meninggalkan Hunt dan analis intelijen William Brandt untuk menemukan jalan keluar . Tim mengidentifikasi Cobalt sebagai Kurt Hendricks, Berkebangsaan Swedia-lahir di Rusia yang percaya bahwa yang lemah harus mati kepada yang lebih kuat untuk bertahan hidup, sehingga ia berencana untuk memulai sebuah perang nuklir untuk memulai tahap berikutnya dari evolusi manusia. Hendricks membom Kremlin dalam rangka untuk memperoleh perangkat peluncuran nuklir Rusia , namun sekarang dia membutuhkan kode aktivasi dari kurir Budapest untuk meluncurkan rudal nuklir di Amerika.

Pertukaran antara Moreau dan tangan kanan Hendricks, Wistrom, berlangsung di Burj Khalifa di Dubai. Di sana, Anggota tim Hunt secara terpisah meyakinkan Moreau dan Wistrom bahwa mereka telah membuat pertukaran dengan satu sama lain. Namun, Moreau mengidentifikasi Brandt sebagai agen. Sementara Hunt mengejar Wistrom hanya untuk menyadari bahwa sebenarnya itu adalah Hendricks yang sedang menyamar, melarikan diri dengan kode — Carter menahan Moreau. Moreau mencoba untuk membunuh Dunn yang belum berpengalaman, dan Carter menendang Moreau keluar jendela. Brandt menuduh Carter mengorbankan misi hanya untuk balas dendam terhadap Moreau, tapi Hunt menuduh Brandt menyimpan rahasia dari mereka. Sementara Hunt mencari informasi lebih lanjut dari Bogdan, Brandt mengakui ia ditugaskan sebagai penjaga untuk Hunt dan istrinya, Julia di Kroasia. Sementara Brandt sedang patroli, Julia dibunuh oleh penyerang Serbia, mendorong Ethan untuk mengejar dan membunuh mereka sebelum dia tertangkap oleh Rusia dan dikirim ke penjara.

Bogdan dan sepupunya menginformasikan Hunt kalau Hendricks akan ada di Mumbai. Hendricks memfasilitasi penjualan satelit militer Soviet yang sudah ditutup kepada pengusaha telekomunikasi India ,Brij Nath. Satelit ini dapat digunakan untuk mengirimkan perintah untuk menembak rudal. Sementara Brandt dan Dunn menyusup ke ruang server untuk menonaktifkan satelit, Carter akan memaksa Nath untuk memberitahu kode satelit. Tapi Hendricks telah mengantisipasi rencana Hunt dan mematikan server Nath sebelum mengirim sinyal dari sebuah menara penyiaran televisi untuk kapal selam nuklir Rusia di Pasifik untuk diluncurkan ke San Francisco. Hunt mengejar Hendricks dan perangkat peluncuran sementara anggota tim lainnya berupaya untuk membuat stasiun siaran kembali menjadi online. Hunt dan Hendricks berebut perangkat kontrol sebelum peluncuran — Hendricks melompat ke kematiannya untuk memastikan peluncuran. Dunn membunuh Wistrom, memungkinkan Brandt untuk mengembalikan daya ke stasiun dan memungkinkan Hunt untuk menonaktifkan rudal itu. Hunt kemudian dihadapkan oleh Sidorov, yang melihat Hunt mematikan rudal, membuktikan IMF tidak bersalah dalam pemboman Kremlin.

Seminggu kemudian, Tim berada di Seattle. Hunt memperkenalkan tim kepada Luther Stickell dan kemudian memberi tugas baru. Dunn dan Carter menerima, tapi Brandt menolak. Hunt mengungkapkan bahwa kematian Julia cuma sandiwara karena ia tahu ia tidak bisa melindungi dirinya, dan info kematiannya digunakan sebagai dalih untuk menyusup penjara dan dekat dengan Bogdan. Terbebas dari rasa bersalah, Brandt menerima misinya. Ketika Hunt melihat Julia dari jauh, mereka berbagi senyum sebelum ia memulai misi berikutnya.

KELEBIHAN

Di dalam adegan dibumbui oleh aksi-aksi yang menegangkan dan efek-efek visual yang membuat kita berdecak kagum, film ini juga memiliki alur yang bagus dan di dalam adegannya terdapat beberapa peralatan yang terbilang sangat canggih dan logis untuk dapat diciptakan dibeberapa tahun nanti.

 

kekurangan

Film ini punya satu kekurangan yang bagi saya mengganggu yaitu buruknya special effect yang digunakan.Contohnya bisa dilihat saat adegan meledaknya Kremlin yang bahkan membuat saya melongo bukan karena takjub oleh dahsyatnya ledakan tapi lebih karena takjub melihat film dengan bujet $145 juta yang menampillkan efek yang terasa begitu murah. Untungnya dalam adegan lain meski masih terlihat murah tapi terasa ada perbaikan kualitas dalam efeknya walaupun tetap saja terasa tidak pantas untuk film sebesar Mission: Impossible. Tidak hanya action film ini juga punya berbagai selipan komedi yang sangat efektif dan mampu membuat saya tertawa lebih keras daripada film bergenre komedi sekalipun. Tapi sayangnya terkadang komedinya yang efektif itu membuat adegan aksinya tertutupi.

Pendapat

Selain ceritanya yang semakin menarik dari sekuel ke sekuel, franchise ini selalu dibumbui oleh aksi-aksi yang menegangkan dan efek-efek visual yang membuat kita berdecak kagum. Aktor utama dalam film ini Tom Cruise tetap menjadi kunci kesuksesan film ini, meskipun usianya yang tidak lagi muda namun Tom Cruise tetap memberikan aksi-aksi dan akting terbaiknya. Tidak hanya Tom Cruise, aktor-aktor dan aktris-aktris lain juga memberikan penampilan yang cukup memukau disini. Jika anda membutuhkan film penuh aksi tanpa melupakan kualitas cerita dan alur, saya rasa film ini tepat bagi anda!

By andrianhermawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s