RESENSI FILM KUNG FU PANDA

s

Kung Fu Panda adalah sebuah film animasi Amerika Serikat yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2008. Film ini disutradarai oleh Mark Osborne dan John Stevenson. Pengisi suara dalam film animasi ini antara lain ialah Jack BlackDustin HoffmanAngelina Jolie,Lucy LiuSeth RogenDavid CrossIan McShane, dan Jackie Chan.

 

Sutradara Mark Osborne
John Stevenson
Produser Melissa Cobb
Penulis Jonathan Aibel
Glenn Berger
Pemeran Jack Black
Dustin Hoffman
Angelina Jolie
Lucy Liu
Seth Rogen
David Cross
Ian McShane
Jackie Chan
Musik Hans Zimmer
John Powell
Sinematografi Yong Duk Jhun
Distributor DreamWorks Animation
Paramount Pictures
Tanggal rilis Amerika Utara:
6 Juni 2008
Australia:
26 Juni 2008
Britania Raya:
4 Juli 2008
Durasi 91 menit
Bahasa Inggris
Anggaran 130 juta dolar AS
Pendapatan kotor Domestik:
210.495.000 dolar AS
Dunia:
526.273.783 dolar AS
Diikuti oleh Kung Fu Panda: The Kaboom of Doom

 

PEMAIN

Aktor Suara Sebagai Binatang
Jack Black Po Panda raksasa
Dustin Hoffman Master Shifu Panda merah
Angelina Jolie Tigress Harimau
Jackie Chan Monkey Golden Langur
Lucy Liu Viper Green Tree Viper
David Cross Crane Red-crowned Crane
Seth Rogen Mantis Belalang sembah
Ian McShane Tai Lung Macan tutul salju
Dan Fogler Zeng Angsa
Randall Duk Kim Grand Master Oogway Kura-kura
James Hong Mr. Ping Angsa
Michael Clarke Duncan Commander Vachir Badak Jawa

 

PLOT

Kisah ini diceritakan di Valley of Peace, tanah fiksi di China kuno yang dihuni oleh hewan antropomorfik. Po (Jack Black), seorang yang kikuk, gemuk, adalah maniak kung fu yang mengidolakan Furious Five – Tigress (Angelina Jolie), Monkey (Jackie Chan),Mantis (Seth Rogen), Viper (Lucy Liu), dan Crane (David Cross) – sebuah grup kung fu master dilatih oleh Master Shifu (Dustin Hoffman) untuk melindungi Valley of Peace. Karena dia bekerja di rumah makan mie milik ayahnya,Ping (James Hong)Po tidak mampu untuk mencapai impiannya menjadi master kung fu .

Suatu hari, mentor Shifu, Master Oogway (Randall Duk Kim), memiliki firasat bahwa mantan murid Master Shifu dan anak angkatnya,Tai Lung (Ian McShane), akan melarikan diri dari penjara dan kembali ke Valley of Peace untuk membalas dendam karena menyangkal Dragon Scroll, yang dikatakan untuk memegang rahasia kekuatan tak terbatas. Shifu mengadakan turnamen kung fu untuk Furious Five sehingga Oogway dapat mengidentifikasi Legendary Dragon Warrior , salah satu master kung fu layak menerima Dragon Scroll dan mampu mengalahkan Tai Lung. Dipaksa untuk mengambil gerobak mie ke turnamen, Po tiba setelah pintu dekat arena turnamen dan tidak dapat masuk. Putus asa untuk melihat Dragon Warrior dipilih, Po mengikat dirinya di sebuah kursi dan menyalakan seperangkat kembang api di bawah kursi dan meluncur ke langit. Po terhantam ke tengah arena pada saat Master Oogway menunjuk Dragon Warrior. Untuk mengejutkan semua yang hadir, Master Oogway memilih Po, tampaknya secara tidak sengaja.

Tidak mau percaya bahwa panda gemuk yang besar bisa menjadi Dragon Warrior, Master Shifu berusaha menyingkirkan Po dengan mencaci-maki dan mengejek dia di pelatihan dengan Furious Five, yang juga Po diolok-olok karena kurangnya keterampilan dalam kung fu. Setelah menerima dukungan dari Master Oogway, bagaimanapun, Po bertahan pelatihan melelahkan. Sementara itu, Tai Lung keluar dari penjara sebagaimana yang diramalkan oleh Master Oogway, yang membuat Master Shifu untuk melatih Po . Masih tidak dapat memahami dasar-dasar kung fu, Po putus asa bahwa ia tidak memiliki kesempatan untuk mengalahkan Tai Lung. Shifu, bagaimanapun, menemukan bahwa Po mampu prestasi fisik mengesankan ketika termotivasi oleh makanan. Menggunakan makanan sebagai penguat positif, Shifu berhasil melatih Po untuk memasukkan prestasi ini menjadi sebuah gaya fu kung sementara belum berlaku efektif.

Sementara itu, Furious Five ditetapkan untuk menghentikan Tai Lung sendirian. Shifu memutuskan Po siap menerima Dragon Scroll, tetapi Dragon Scroll tidak ada tulisan apapun. Dalam keputus asaan, Shifu menyuruh Po dan Furious Five untuk mengevakuasi lembah. Po kesal menemukan ayahnya yang, dalam upaya untuk menghiburnya, mengungkapkan bahwa bahan rahasia untuk terkenal “sup bahan rahasia” nya,tidak ada bahan rahasia apapun. Menyadari bahwa konsep ini seprti Dragon Scroll, Po kembali ke Istana Jade untuk menghadapi Tai Lung, yang telah mencapai Istana dan hampir membunuh Shifu. Po terbukti menjadi tantangan berat bagi Tai Lung ketika ia mencoba untuk melindungi Dragon Scroll. Meskipun Dragon Scroll akhirnya jatuh ke dalam genggaman Tai Lung, ia tidak dapat memahami atau menerima makna simbolis, dan akhirnya Po mengalahkan dia menggunakan Wuxi Finger Hold. Po dipuji oleh penduduk Valley of Peace dan mendapatkan rasa hormat dari Furious Five, yang sepenuhnya mengakui dia sebagai master kung fu sejati.

 

KELEBIHAN

Kehadiran Dustin Hofman dan Jack Black mampu membawa suasana segar dalam humor-humor mereka. Action yang disuguhkan pun bisa dibilang memukau. Koreografi kung fu yang disajikan mengingatkan pada karya-karya Yuen Wo-ping yang legendaris itu. suara pengisi yang dibawakan oleh aktor dan aktris papan atas Hollywood ini cukup menyatu dengan karakter animasi mereka.

 

KEKURANGAN

Ide cerita masih tak jauh dari film-film kung fu klasik era Bruce Lee. Sayangnya penampilan Po yang disuarakan oleh Jack Black justru sedikit tenggelam saat beradu akting dengan Shifu yang suaranya diisi oleh Dustin Hofman.

By andrianhermawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s