RESENSI FILM THE CONJURING

K

Sutradara James Wan
Produser Tony DeRosa-Grund
Peter Safran
Rob Cowan
Penulis Chad Hayes
Carey Hayes
Pemeran Vera Farmiga
Patrick Wilson
Ron Livingston
Lili Taylor
Musik Joseph Bishara
Sinematografi John R. Leonetti
Penyunting Kirk M. Morri
Studio The Safran Company
Evergreen Media Group
New Line Cinema
Distributor Warner Bros.
Tanggal rilis ·         19 Juli 2013
Durasi 112 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $20 juta
Pendapatan kotor $195.546.000

 

PEMERAN

 

PLOT

Pada tahun 1971, Carolyn dan Roger Perron pindah ke sebuah rumah pertanian tua di Harrisville, Rhode Island, bersama kelima putri mereka. Selama hari pertama, kepindahan keluarga ini berjalan lancar, meskipun anjing mereka, Sadie, menolak memasuki rumah dan salah satu anak perempuan mereka menemukan sebuah pintu masuk ke ruang bawah tanah.

Keesokan paginya, Carolyn bangun dengan memar misterius dan menemukan Sadie tergeletak mati di luar rumah. Selama beberapa hari berikutnya, berbagai peristiwa misterius terjadi. Peristiwa ini memuncak pada suatu malam saat Roger berada di Florida, Carolyn terkunci di ruang bawah tanah dan sesosok makhluk gaib yang terlihat seperti seorang wanita tua menyerang salah satu putrinya.

Carolyn menghubungi investigator paranormal bernama Ed dan Lorraine Warren untuk meminta bantuan. Pasangan Warren mulai melakukan penyelidikan dan menyimpulkan bahwa rumah tersebut mungkin membutuhkan ritual pengusiran setan, namun ritual tersebut tidak bisa dilakukan sebelum mendapat izin dari Gereja Katolik.

Saat menyelidiki tentang sejarah rumah tersebut, Ed dan Lorraine mengetahui bahwa rumah tersebut dulunya dimiliki oleh seseorang yang diduga penyihir bernama Bathsheba. Bathsheba mengorbankan anak-anaknya kepada setan, kemudian bunuh diri dan mengutuk semua orang yang mencoba mengambil tanahnya. Tanahnya ini dulunya seluas 200 hektare lebih, namun telah dibagi-bagi. Mereka berdua juga mengetahui bahwa banyak laporan pembunuhan dan bunuh diri yang terjadi di rumah-rumah yang dibangun di atas tanah yang dulunya dimiliki oleh Bathsheba.

Ed dan Lorraine kembali ke rumah dan berupaya untuk mengumpulkan bukti agar mendapat izin dari Gereja Katolik untuk melakukan ritual pengusiran setan. Salah satu putri Carolyn, Cindy, berjalan dalam tidurnya dan menemukan sebuah pintu rahasia di belakang lemari. Lorraine memasuki pintu tersebut dan jatuh ke ruang bawah tanah. Di sana, ia menyaksikan arwah orang-orang yang pernah dirasuki Bathsheba. Semuanya adalah para ibu yang dirasuki oleh Bathsheba untuk membunuh anak-anak mereka. Sementara itu, putri Perron yang lainnya diserang dan diseret sepanjang lantai oleh suatu kekuatan tak terlihat

Lorraine dan Ed berhasil mengumpulkan bukti bagi Gereja untuk melakukan ritual pengusiran setan, sedangkan keluarga Perron berlindung di sebuah hotel. Sementara itu, putri Ed dan Lorraine diserang di rumah mereka oleh arwah yang berasal dari rumah Perron.

Carolyn, yang telah dirasuki oleh Bathsheba, membawa dua putrinya, Christine dan April, kembali ke rumah. Ed, Lorraine, dua asisten mereka, dan Roger bergegas menyusulnya dan menemukan Carolyn tengah berupaya untuk menusuk Christine. Setelah melumpuhkan Carolyn, Ed memutuskan untuk melakukan ritual pengusiran setansendirian, namun Carolyn berhasil lolos dan mencoba untuk membunuh April. Lorraine berhasil mengalihkan perhatian Carolyn dengan cara mengingatkannya mengenai kenangan khususnya bersama keluarganya, sehingga Ed berhasil menyelesaikan ritual pengusiran setan dan menyelamatkan Carolyn beserta putrinya.

 

KELEBIHAN

Salah satu kelebihan yang paling terasa dalam film ini terletak pada sound effectnya  membuat orang yang menonton merasa sangat  terkejut dan juga karena film ini dibuat berdasarkan dari kisah nyata.

 

KEKURANGAN

Ada adegan yang buat dengan tujuan untuk memberikan efek kejutan kepada penonton tetapi adegan tersebut bisa terbaca oleh penonton sehingga efek kejutan yang ingin disampaikan ke penonton tersebut kurang berhasil.

By andrianhermawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s