TIPS MEMBELI POWERBANK

 

Salah satu yang disesalkan oleh banyak pengguna ponsel pintar atau smartphone adalah kinerja baterai yang cepat habis. Ini memang wajar mengingat banyaknya fitur canggih dan tangguh yang dijalankan sehingga imbasnya adalah daya baterai yang cepat terkuras. Pada akhirnya muncullah sebuah perangkat untuk mengakomodasi kebutuhan itu, ya powerbank namanya.

 

Powerbank merupakan sebuah produk yang bisa disebut juga sebagai charger portabel yang bisa dimana kemana-mana. Umumnya memiliki kapasitas 2-3 kali lebih besar daripada kapasitas baterai smartphone yang di kasih daya.

Meledaknya pengguna smartphone mengakibatkan powerbank menjadi sebuah perangkat yang banyak diburu. Power bank yang merupakan alat berbentuk power supply mobile tersebut sangat diperlukan ketika anda berada di luar ruangan atau sedang bepergian sehingga akan cukup sulit untuk menghubungkan ke daya listrik melalui charger biasa.

Ukuran powerbank sendiri saat ini cukup bervariatfi mulai dari kapasitas 1600mAh, 1800mAh, 2600mAh hingga 9000 mAh dengan berbagai merek yang berbeda-beda tergantung perusahaan mana yang memproduksi. Tapi anda harus berhati-hati dalam membeli powerbank. Ada banyak jenis powerbank tertentu yang secara tak disadari bisa merusak gadget kita. Nah berikut adalah Tips Membeli Powerbank yang Bagus :

1. Merk yang memproduksi

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan mungkin dari merk yang memproduksi powerbank. Jangan asal beli karena saat ini banyak powerbank abal-abal dengan merek abal-abal pula yang untuk jangka panjang justru dapat merusak gadget. Merk yang bagus biasanya memiliki kualitas yang cukup terjamin.

2. Kapasitas

Kapasitas powerbank bisa menentukan berapa banyak kemampuan power bank tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengisian daya baterai. Tentu saja powerbank dengan kapasitas yang real, serta output juga real akan sesuai kebutuhan kita.

3. Safety Protection

Safaty protection juga sangat penting demi keamanan pengguna. Untuk menguji keamanan, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini. Input output dalam satu buah powerbank di adukan sehingga output bekerja mengeluarkan daya kedalam powerbank itu sendiri.  Kemudian secara otomatis daya yang dimiliki powerbank tersebut akan habis. Sesudah daya dari powerbank habis tersebut apabila anda ingin mengisinya lagi ke perangkat gadget maka anda harus melakukan pengisian memakai adaptor yang dicolokan ke sebuah stop kontak listrik. Lakukanlah pengisian dari adaptor ke powerbank tersebut. Apabila powerbank mempunyai safety protection yang bagus maka powerbank tersebut tidak akan menimbulkan masalah apa-apa misal sebuah ledakan namun apabila safety protectionnya jelek maka powerbank tersebut akan ada sebuah masalah misalnya ledakan kecil.

4. Fitur

Beberapa powerbank tertentu memiliki fungsi diluar dari kemampuan powerbank sebagai pengisian daya misal fitur lampu senter atau WiFi. Ini akan membuat arus output yang tak stabil.

5. Cells

Cells adalah baterai yang digunakan. Saat ini yang memiliki cells yang bagus yang sering dijumpai adalah Japan Cells.

6. Colokan / Konektor

Saat ini powerbank bawaan menawarkan berbagai macam pilihan konektor yang tersedia di pasaran. Konektor yang jelek justru akan merusak smartphone. Sebaiknya gunakan saja konektor bawaan smartphone anda ketimbang konektor bawaan dari powerbank.

7. Garansi

Pilih powerbank yang memiliki garansi minimal 1 tahun. Ingat garansi harus resmi bukan garansi toko.

8. Harga dan kualitas

Harga memang tidak pernah bohong. Begitulah pepatah bilang. Powerbank dengan daya 5000mAh yang memiliki kualitas bagus harga pasarannya seharga Rp 300.000,-. atau lebih. So jangan tergiur sama powerbank abal-abal. Karena bisa aja dapat memperburuk gadget anda.

9. Keaslian Powerbank

Sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu mengenai jenis powerbank yang ingin dibeli. Saat ini ada banyak sekali jenis powerbank yang memiliki bentuk yang sama namun berbeda di merk. So anda harus teliti.

10. Model

Pilihlah model powerbank yang portable agar mudah dibawa-bawa.

By andrianhermawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s